Rabu, 24 Agustus 2011

RPP Berkarakter SMA Kelas II


RPP berkarakter kelas II SMA

Lampiran 2: RPP Siklus I Pertemuan Pertama                                                                                                                                                                                    
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                        Nama Sekolah           : SMA NEGERI 1 ENREKANG
                        Mata Pelajaran          : Biologi
                        Kelas/ Semester          : XI/ II
                        Pertemuan                 : I (Pertama)
                        Tahun Pelajaran       : 2010/ 2011
                        Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,kelaianan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi, serta implkasinnya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar
3.7. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, menstruasi, fertilisasi, kehamilan,   dan pemberian ASI,serta,kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
Indikator            
                                                                    
Kognitif
a.      Produk
1.   Menjelaskan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia.
b.      Proses
1.    Komunikasi menentukan ide atau pendapat pada saat diskusi berlangsung.
2.    Menemukan jawaban yang tepat.
Psikomotorik
1.      Melakukan diskusi dan melakukan presentase hasil diskusi.
Afektif
Karakter: Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: jujur, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti.
Keterampilan Sosial: Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi.

A.   Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a.      Produk
Setelah  proses pmbelajaran selesai, siswa diharapkan dapat
1.    Mengidentifikasi struktur reproduksi dalam pada laki-laki
2.    Mengidentifikasi struktur reproduksi luar pada laki-laki
3.    Menjelaskan fungsi organ reproduksi dalam  pada laki-laki.
4.    Menjelaskan fungsi organ reproduksi luar pada laki-laki.
5.    Mengidentifikasi struktur reproduksi dalam pada perempuan.
6.    Mengidentifikasi struktur reproduksi luar pada perempuan.
7.    Menjelaskan fungsi organ reproduksi dalam pada perempuan.
8.    Menjelaskan fungsi organ reproduksi luar pada perempuan. 
b.      Proses
1.      Diberikan LKS, siswa dapat melakukan diskusi untuk dapat mengetahui struktur dan fungsi organ reproduksi luar dan dalam pada laki-laki  dan perempuan serta  Komunikasi menentukan ide atau pendapat pada saat diskusi berlangsung
2.      Siswa berbagi hasil diskusi dari kelompok lain dan menentukan jawaban yang tepat.
Psikomotorik
1.      Terampil dalam mencatat hasil diskusi dan melakukan presentase hasil diskusi
2.      Terampil berbicara didepan umum secara sistematis.
Afektif
karakter 
1.      Jujur        
berlaku jujur ketika siswa mengerjakan tugas, dan mengatakan apabila belum memahami materi.
2.      Tanggung jawab
Siswa bertanggungjawab atas keterlaksanaan tugas baik untuk tugas individu maupun tugas kelompok.
3.    Hati-hati
Siswa berhati-hati ketika menjawab pertanyaan dengan benar.
4.    Teliti
teliti ketika mencatat hasil diskusi.
Keterampilan sosial
1.      Bertanya:
Siswa bertanya ketika belum memahami penjelasan.
2.      Menyumbang ide atau pendapat
Setiap siswa diharapkan menyumbang ide atau pendapat
3.      Menjadi Pendengar yang baik
Setiap siswa menjadi pendengar yang baik ketika siswa yang lain menyampaikan pendapat.
4.      Berkomunikasi
Berkomunikasi yang santun ketika menyampaikan informasi.


B.     Materi Pembelajaran
Alat Reproduksi Pria
a.         Sistem reproduksi pria meliputi organ-organ reproduksi, spermatogenesis, dan hormon-hormon pada pria. Organ reproduksi pria dibedakan atas organ reproduksi dalam terdiri dari testis, saluran pengeluaran, kelenjar aksesoris.
1.        Testis
Testis atau gonad jantan berbentuk oval dan terletak di dalam skrotum atau kantung pelir. Fungsi testis secara umum merupakan alat untuk memproduksi sperma. Dan hormone kelamin jantan yang disebut testoteron.
2.        Saluran Pengeluaran
Saluran pengeluaran pada organ reproduksi pria terdiri dari epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi, dan uretra.
a.   Epididimis
Merupakan saluran berkelok-kelok di dalam skrotum yang keluar dari testis. Epididmis berfungsii sebagai tempat penyimpan sementara sperma sampai sperma menjadi matang dan bergerak menuju vas deferens.
b.    Vas Deferens
Merupakan saluran lurus deferens berfungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididmis menuju kantung semen dan vesikula seminalis.
c.    Saluram Ejakulasi
Saluran ejakulasi merupakan saluran pendek yang menghubungkan kantung semen dan uretra. Saluran ini berfungsi mengeluarkan sperma agar masuk ke dalam uretra.
d.   Uretra
Uretra merupakan saluran akhir reproduksi yang terdapat di dalam penis. Uretra berfungsi sebagai saluran kelamin yang berasal dari kantung semen dan saluran untuk membuang urin dari kantung kemih.
3.      Kelenjar Aksesoris
Selama sperma melalui saluran pengeluaran, terjadi penambahan berbagai getah kelamin yang dihasilkan oleh kelenjar asesoris. Getah-getah dari kelenjar asesoris. Getah-getah dari kelenjar asesoris berfungsi untuk mempertahankan hidup dan pergerakan sperma. Kelenjar asesoris merupakan kelenjar prostat, dan kelenjar cowper.
Organ reproduksi luar pria terdiri dari penis dan skrotum. Selain penis, terdapat organ kelamin luar pria berupa skrotum (kantung pelir). Skrotum merupakan kantung yang di dalamnya berisi testis.
Alat Reproduksi Wanita
              Alat reproduksi wanita terdiri dari alat reproduksi dalam dan alat reproduksi luar. Alat reproduksi dalam terdiri dari:
a.          Ovarium
Ovarium atau indung telur berjumlah sepasang, berbentuk oval dengan panjang 3-4 cm Ovarium berperan secara bergantian untuk menghaslkan ovum (sel telur). Umumnya setiap ovum menghasilkan sel telur selama 28 hari. Saluran reproduksi terdiri dari uterus, oviduk, dan vagina.
Oviduk atau saluran telur berjumlah sepasang (di kanan dan dikiri ovarium) dengan panjang sekitar 10 cm. Bagian pangkal oviduk corong yang disebut infundibulum. Pada infundibulum terdapat jumbai-jumbai (fimbrae). Fimbrae berfungsi menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium. Ovum yang ditangkap oleh infundibulum akan masuk ke oviduk. Oviduk berfungsi untuk menyalurkan ovum dari ovarium menuju uterus.
Uterus atau rahim merupakan rongga pertemuan oviduk kanan dan kiri yang berbentuk seperti buah pir dan bagian bawahnya mengecil disebut serviks atau leher rahim. Uterus manusia berfungsi sebagai tempat perkembangan zigot apabila terjadi fertilisasi. Vagina merupakan saluran akhir dari slauran reproduksi bagian dalam pada wanita. Selaput berlendir (membrane mukosa) menghasilkan lender pada saat terjadi  rangsangan seksual. Lendir tersebut dihasilkan oleh kelenjar bartholin.
Alat reproduksi luar berupa vulva. vulva merupakan celah paling luar dari organ kelamin wanita. Klitoris merupakan organ erektil yang dapat di samakan dengan penis pada pria. Meskipun klitoris secara struktur tidak sama persis dengan penis pada pria.
C.   Model Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran             : Kooperatif  
2.      Metode Pembelajaran           : Diskusi kelompok tipe Two Stay  Two
StrayTanya jawab, dan  presentase.
D.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2X45 menit)
Kegiatan Pembukaan (± 5 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru memberi apresepsi kepada siswa dengan memberikan pertanyaan tentang ”Sebutkan Ciri makhluk hidup” kemudian siswa diberi kesempatan untuk menaggapi pertanyaan, selanjutnya guru memperlihatkan gambar-gambar alat reproduksi  dan diharapkan kontribusi dari siswa berupa ide, tanggapan dan gagasan. Tanya jawab dan diskusi untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran meliputi kognitif, psikomotorik, dan afektif. (fase 1 menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)



5 menit
         

Kegiatan Inti (± 80 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan dipelajari dan memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep tentang struktur reproduksi laki-laki dan perempuan, fungsi organ reproduksi laki-laki dan perempuan. Selanjutnya guru menyampaikan aturan kerja siswa pada saat berada di dalam kelompoknya masing-masing (fase 2 Penyampaian informasi)


10 menit
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok secara heterogen kedalam 8 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Selanjutnya memberikan LKS kepada siswa untuk di diskusikan (fase 3: Pengelompokan peserta didik).
5 menit
Setiap siswa berdiskusi secara internal dikelompoknya masing-masing. Kemudian Dua siswa bertamu ke kelompok lain dan dua siswa lainnya tetap dikelompoknya untuk menerima dua orang dari kelompok lain dan berdiskusi. Setiap siswa kembali ke kelompok asal, berdiskusi kembali dan menjawab pertanyaan pada LKS. Bekerjasama, dan memiliki rasa tanggungjawab bersama dalam membuat presentase hasil diskusi kelompoknya masing-masing. Diharapkan dalam proses tersebut setiap kelompok memberikan konstribusinya berupa ide, gagasan dan pendapatnya.(fase 4 Pembimbingan belajar)
45 menit
Lanjutan RPP Siklus I Pertemuan Pertama
Setiap kelompok mempresentasekan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Pada proses ini, apabila ada masalah-masalah pada saat prsentase siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab tetap dibawah bimibingan guru sebagai fasilitator (fase 5 Presentase hasil kerja/diskusi kelompok dan penghargaan).
20 menit

      Kegiatan Penutup (± 5 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman, menyimpulkan secara umum hasil diskusi kelas yang telah dilaksanakan
Memberi penugasan individu berupa menyuruh siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas minggu depan


5 menit
Catatan: Evaluasi dilakukan pada jam tersendiri dengan menggunakan lembar penilaian kognitif dan lembar penilaian observasi aktivitas siswa.
E.        Sumber Pembelajaran
1.        Adnan. 2008. Perkembangan Hewan. Makassar. Badan Penerbit UNM.
2.        Aryulima Diah, dkk. 2007. Biologi 2 SMA dan MA untuk Kelas XI. Esis. Jakarta.
3.        LKS 1
4.        Soal Evaluasi
5.        Lembar Penilaian kognitif, dan Lembar Observasi aktivitas siswa.
F.        Penilaian
1.        Prosedur Penilaian      : Penilaian Kognitif diberikan pada saat    
                                       ulangan harian, dilakukan pada akhir           
                                       pembelajaran.
2.        Teknik Penilaian          : Tes tertulis
3.        Bentuk Penilaian          : Pilihan ganda dan isian
4.        Alat instrument            :
Isian
1)        2 organ reproduksi luar laki-laki yaitu …………….
2)        3 kelenjar reproduksi pada laki-laki yaitu ……………
3)        2 organ reproduksi dalam pada perempuan yaitu …………….
4)        5 saluran reproduksi pada laki-laki yaitu ……………………..
5)        Organ reproduksi pada perempuan yang berfungsi menangkap
sel telur yaitu ………………….
6)        Organ erektil pada laki-laki yaitu …………dan pada perempuan yaitu ……………….
7)        Organ reproduksi laki-laki yang berfungsi untuk menyimpan sperma sementara yaitu ………………..
8)        Organ pada perempuan sebagai tempat pembentukan sel telur …………………..
9)        Kelenjar pada laki-laki yang berfungsi menghasilkan getah pada laki-laki yaitu …………………….
10)    Organ reproduksi pada perempuan sebagai alat kopulasi yaitu …………….
Pilihan ganda
1.         Secara umum organ reproduksi pada laki-laki terdiri atas  kelenjar dan saluran. Bagian yang berupa saluran adalah ….
A.      testis, prostat, dan vas deferens
B.       testis, epididmis, dan vas deferens
C.       prostat, vesikula seminalis, dan bulbourethra     
D.      prostat, vesikula seminalis, dan vas deferens
E.       vesikula seminalis, epididmis, dan vas deferens
2.         Secara umum organ reproduksi pada laki-laki terdiri atas  kelenjar dan saluran. Bagian yang berupa kelenjar adalah ….
A.      testis, prostat, dan vas deferens
B.       testis, epididmis, dan vas deferens
C.       prostat, vesikula seminalis, dan bulbourethra 
D.      prostat, vesikula seminalis, dan vas deferens
E.       vesikula seminalis, epididmis, dan vas deferens
3.         Alat reproduksi laki-laki yang berperan menghasilkan sperma ....
A.      Penis
B.       Testis
C.       Uretra
D.      Skrotum
E.       vas deferens
4.         Organ reproduksi pada laki-laki yang berperan menyimpan sperma yang  telah matang  yaitu ….
A.        tubulus seminiferus
B.        saluran prostat
C.        vas deferens
D.        epididimis
E.         uretra
5.         Kelenjar kelamin penghasil cairan getah berwarna kekuningan yang banyak mengandung zat makanan yaitu ….
A.      kelenjar bulbouretra
B.       vesikula seminalis
C.       kelenjar prostat
D.      Skrotum
E.       Testis

       KUNCI JAWABAN
ISIAN
1.         Penis dan skrotum
2.         Vesikula seminalis, kelenjar prostat, kelenjar cowper/bulbouretra.
3.         Ovarium dan uterus
4.         Testis, Vas deferens, Epididimis, Saluran ejakulasi, uretra
5.         Fimbriae
6.         Penis dan klitoris
7.         Epididimis
8.         Ovarium
9.         Kelenjar prostat
10.     Vagina
PILIHAN GANDA
NO
KUNCI JAWABAN
1
2
3
4
5
B
C
B
D
B
5.      Pedoman Penskoran
ISIAN
Aspek Penilaian
Skor
2 organ reproduksi luar laki-laki yaitu …………….
3 kelenjar reproduksi pada laki-laki yaitu ……………
2 organ reproduksi dalam pada perempuan yaitu …………….
3 saluran reproduksi pada laki-laki yaitu ……………………..
Organ reproduksi pada perempuan yang berfungsi menangkap
sel telur yaitu ………………….
Organ erektil pada laki-laki yaitu …………dan pada perempuan yaitu ……………….
Organ reproduksi laki-laki yang berfungsi untuk menyimpan sperma sementara yaitu ………………..
Organ pada perempuan sebagai tempat pembentukan sel telur …………………..
Kelenjar pada laki-laki yang berfungsi menghasilkan getah pada laki-laki yaitu …………………….
Organ reproduksi pada perempuan sebagai alat kopulasi yaitu ……………
2
3
2
3
1

2

1

1

1

1
Jumlah Total
17

Nilai Akhir =   x 100
         Pilihan Ganda
             S = R   Keterangan :
      S= Skor yang diperoleh
      R= Jawaban yang betul
Jika menjawab benar skor 1
Jika tidak menjawab atau salah skor 0
                            
Nilai Akhir =   x 100




                                                                                     Makassar,    April 2011
Guru Biologi SMAN 1 Enrekang                                    Mahasiswa Peneliti 
           

                                         (Dra. MURNIHATI)                                                            (NURHIKMA)
                                       NIP: 19630527 198603 2 009                                                NIM:071404085




























Diposkan oleh gOrEzanKoe di 20:04
0 komentar:

2 komentar:

  1. imma????????. buatkan ka RPP khusus untuk anak TK. makasi banyak sebelumnya, he he he

    BalasHapus
  2. dechhh adakah RPP tk pak,,,

    tidak ada kayakx
    jiahahahaha

    BalasHapus